Logo Network
Network

Walet Lapang Peusijuk Prajurit TNI Kodim 0103/Aut Calon Jamaah Umroh

Muhammad Jafar Yusuf
.
Selasa, 06 Desember 2022 | 15:31 WIB
Walet Lapang Peusijuk Prajurit TNI Kodim 0103/Aut Calon Jamaah Umroh
Prosesi Peusijuek merupakan karakter adat budaya masyarakat Aceh yang masih dipraktikan hingga saat ini. Tradisi peusijuek masih terpelihara dalam adat Aceh.

LHOKSEUMAWE ,iNewsAcehUtara.id - Tgk Muzakir (Walet Lapang) peusijuk  17 prajurit TNI  calon jamaah ibadah Umroh Kodim 0103/Aut beserta Keluarga  yang dilaksanakan di Aula Yudha Kodim 0103/Aut, Selasa, (06/12/2022).

Prosesi Peusijuek merupakan karakter adat dalam budaya masyarakat Aceh yang masih dipraktikan hingga saat ini. Tradisi peusijuek dilakukan pada hampir semua kegiatan adat dalam sendi kehidupan masyarakat di Aceh.

Ritual peusijuek ini mirip dengan tradisi tepung tawar dalam budaya Melayu. Dalam tatanan budaya Aceh yang melakukan acara peusijuek adalah tokoh agama maupun tokoh adat yang dituakan ditengah masyarakat.

Dandim 0103/Aut Letkol Inf Hendrasari Nurhono S.I.P., M.I.P., menjelaskan bahwa dari 17 orang jamaah yang akan melaksanakan umrah tersebut, terdiri dari diantara nya 3 orang Personel Kodim 0103/Aut yang mendapatkan hadiah undian umroh gratis dari Dandim, kepada Prajurit yang Istiqomah.

“Para calon jamaah ini dipimpin langsung oleh Dandim 0103/Aut Letkol Inf Hendrasari Nurhono S.I.P., M.I.P., dan direncanakan mereka akan berangkat dari Bandara Kualanamu pada tanggal 8 Maret 2022.”

 Dandim 0103/Aut, menambahkan para calon jamaah umrah telah diberikan pembekalan lebih dahulu dari mulai tahapan maupun proses perjalanan umrah, syarat rukun umrah, tata cara ziarah umrah, akhlaq umroh dan praktek manasik umrah.

“Mereka sebelumnya telah mengikuti manasik umrah, agar mendapatkan pemahaman tentang umrah secara sempurna, sehingga mampu melaksanakan ibadah umrah sesuai tuntunan syariat Islam,” ungkap Letkol Inf Hendrasari Nurhono.

Follow Berita iNews Acehutara di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.