get app
inews
Aa Read Next : Pelatihan dan Pendampingan Aparatur Gampong Penyelesaiaan Sengketa Adat Sesuai Qanun Aceh

Miris, Aksi Wali Santri Polisikan Pimpinan Dayah di Aceh karena Tegakan Aturan dan Kedisiplinan

Rabu, 23 Oktober 2024 | 18:17 WIB
header img
Tgk Hasbuh, tokoh agama di Aceh Utara. Foto: Dok

LHOKSUKON, iNewsAcehUtara.id - Tokoh agama menyesalkan serta turut prihatin perilaku wali santri yang mempolisikan pimpinan Dayah di Wilayah Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara.

Sejak beberapa hari terakhir beredar  informasi di media sosial  atau media online yang mana salah satu pimpinan dayah ditetapkan tersangka dalam kasus dugaan penganiayaan santri yang dilaporkan oleh orang tua santri serta menjadi perhatian khusus kalangan masyarakat .

Tgk. Hasbuh seorang tokoh agama di Aceh Utara dalam keterangannya  Selasa (22/10/24) menyampaikan rasa sangat prihatin atas tindakan tersebut mengakibatkan  keberanian dalam mendidik santri telah menjadi ketakutan tersendiri bagi  para Tengku  dan Guru Dayah dalam mengajarkan ilmu agama kepada para santrinya.

“Jika ada anak yang melanggar aturan dan disiplin dalam lingkungan  dayah tidak berani lagi kita tegur anak tersebut, salah-salah kita ambil tindakan maka kita akan di laporkan kepada penegak hukum,” katanya.

Tgk. Hasbuh menambahkan bahwasanya dulu kami semasa belajar di Dayah apabila melakukan kesalahan pasti diberi efek jera kepada kami dan jika kami laporkan kepada orang tua, orang tua kami sebaliknya memarahi lagi kami.Akan  tetapi masa sekarang sangat jauh berbeda dan sekarang sengat lemah rasa menghargai gurunya”.Tegasnya.

“ Harapan kami kepada semua orang tua yang sudah menitipkan  anaknya kedayah dapat menghargai jerih payah dan jasa   para guru dan pimpinan Dayah dalam mendidik anak - anaknya seperti kasus yang dialami salah satu pimpinan Dayah Kecamatan Lhoksukon yang hampir 5 tahun terkhir mendidik anaknya sedikit efek jera diberikan karena anak nya yang melanggar kedisiplinan  namun orang tuanya sudah memperkarakan pimpinan dayah tersebut,” ungkap Tgk Hasbuh

 

 

 

Editor : Muhammad Jafar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut