get app
inews
Aa Read Next : Tim Kesehatan Siaga Di Venue Aerosport Bandara Malikussaleh

Lagi, Ratusan Pelajar Padati Venue Terbang Layang

Selasa, 10 September 2024 | 13:31 WIB
header img
Ketua Panitia Letkol Lek Farid Nazmi, ST dan Ketua Panwasrah Aerosport Laksda TNI Sony Santoso menyambut langsung kedatangan para pelajar di arena aerspot terbang layang PON XXI Aceh Sumut di Bandara Mallikussaleh ,Kabupaten Aceh Utara,Selasa (10/09/24).

LHOKSUKON iNewsAcehUtara.id - Ratusan pelajar dari sejumlah sekolah memadati venue arena pertandingan cabor terbang layang PON XXI Aceh - Sumut di Bandara Malikussaleh Kabupaten Aceh Utara, Selasa, 10 September 2024.

Rombongan pelajar yang datang pada pagi hari masing-masing dari sekolah MAN 3 Aceh Utara, MIS Ulee Reuleung Kecamatan Dewantara, dan dari Sekolah TK Angkasa Buket Rata Lhokseumawe.

Mereka tiba di depan Bandara Malikussaleh lengkap dengan seragam sekolah, turut didampingi oleh guru-guru. Setelah melapor kepada Panitia Pelaksana, mereka kemudian difasilitasi untuk masuk ke venue yang berada dalam areal bandara, sekaligus lokasi pertandingan cabor aerosport Terbang Layang.

Setiap sekolah difasilitasi secara bergantian untuk mendapatkan penjelasan tentang olahraga terbang layang. Panitia juga menjelaskan tentang pelaksanaan PON tahun 2024, yang berlangsung di dua Provinsi, yaitu di Aceh dan Sumatera Utara.

 "Even olahraga tingkat nasional ini sudah dibuka tadi malam oleh Bapak Presiden kita Insinyur Haji Joko Widodo di stadion di Kota Banda Aceh. Ada yang nonton nggak tadi malam, ada siaran live di YouTube dan di Tivi, juga ada acara nonton bareng di kecamatan-kecamatan," jelas Armansyah, SKM, seorang Panitia Pelaksana, di hadapan siswa MAN 3 Aceh Utara.

Lebih jauh dia menjelaskan bahwa olahraga terbang layang bisa dilakukan oleh siapa saja asalkan berani dan tidak takut dengan ketinggian. Di sini ada dua pesawat, yaitu satu pesawat bermesin dan satu lagi pesawat tidak bermesin yang disebut dengan glider.

"Nah, atletnya naik di pesawat tidak bermesin. Untuk bisa terbang glider itu ditarik oleh pesawat bermesin. Di ketinggian awan di sana dilepas. Kalian berani nggak jadi atlet, ini pesawatnya tidak bermesin loh," kata Arman disambut antusias para siswa.

Setelah mendapatkan penjelasan tentang olahraga terbang layang, para siswa kemudian difasilitasi untuk swafoto maupun foto bersama di depan pesawat atlet.

"Alhamdulillah..., sangat terimakasih kepada Panitia karena telah mengizinkan kami masuk ke sini, bisa foto-foto dan melihat langsung arena pertandingan pesawat terbang layang. Ini sangat luar biasa sekali, kita belum pernah melihat perlombaan olahraga pakek pesawat seperti ini," ungkap Susi Juliana, SPd, guru MIS Ulee Reuleung.

Menjelang siang venue terbang layang kembali dipadati oleh ratusan siswa MTsN 1 Kota Lhokseumawe, dipimpin langsung oleh Wakepsek Teuku Mukhlis, SPd.I. Kehadiran siswa madrasah ini disambut langsung oleh Ketua Panitia Letkol Lek Farid Nazmi, ST, MMSc, dan Ketua Panwasrah  Aerosport Laksda TNI Sony Santoso.

Letkol Farid memandu para siswa yang hendak mengenal lebih jauh tentang terbang layang, sembari mengadakan kuis. Hal ini disambut sangat gembira oleh anak-anak, mereka berebut hendak menjawab pertanyaan. Apalagi panitia turut memberikan hadiah kepada siswa yang menjawab dengan benar.

Wakil Kepsek MTsN 1 Kota Lhokseumawe Teuku Mukhlis, SPd.I, secara terpisah menyampaikan apresiasi atas sambutan Panpel Cabor Terbang Layang untuk siswa-siswa sekolah tersebut. "Kami sangat apresiasi, kami lihat anak anak sangat antusias, semoga kunjungan kami ini bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi para siswa," ungkap Mukhlis.

Editor : Muhammad Jafar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut